PENDIDIKAN BIOLOGI STAR: Jenis Bakteri Berdasarkan Bentuk dan Flagelnya

October 10, 2015

Jenis Bakteri Berdasarkan Bentuk dan Flagelnya

Bakteri merupakan mikroorganisme yang memiliki satu sel. Pada kehidupannya, terdapat bakteri yg hidup sendiri dan berkelompok atau berkoloni. Bakteri banyak sekali macamnya sehingga para ahli mikrobiologi membagi bakteri ke dalam beberapa jenis. Dua di antaranya yaitu pengelompokan bakteri berdasarkan bentuk dan flagel.



Macam-macam bakteri berdasarkan bentuknya, ada apa saja?

Jenis bakteri berdasarkan bentuknya

1. Bulat (coccus)
Berdasarkan modifikasi bentuknya, bakteri coccus dibedakan menjadi monococcus, diplococcus, streptococcus, dan sarcina. Monococcus adalah bakteri yang berbentuk bulat tunggal. Contoh monococcus adalah Neiserria gonorrhoea (penyebab penyakit gonorhoe). Diplococcus yaitu bakteri berbentuk bulat yang berpasangan. Contohnya Diplococus pneumaticus (penyebab penyakit pneumonia atau radang paru-paru). Sedangkan Streptococcus adalah bakteri berbentuk bulat yang bersusun seperti rantai. Contohnya Streptococus pyrogenes (penyebab penyakit kuning). Modifikasi bentuk yang lain adalah staphylococcus (bulat yang berupa gerombolan seperti buah anggur) dan sarcina (yaitu bakteri berbentuk bulat yang berkelompok empat-empat sehingga berbentuk seperti kubus dengan 8 sel). Contohnya adalah Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab penyakit pneunomia (radang paru-paru) dan keracunan dalam makanan.

2. Batang (basilus)
Bakteri basilus juga mempunyai beberapa modifikasi bentuk, yaitu monobasil, diplobasil, atau streptobasil. Monobasil yaitu bakteri berbentuk basil tunggal. Contohnya adalah Escherichia coli (membantu pembusukan di dalam colon atau usus besar) dan Salmonella thyposa (penyebab penyakit tipus). Diplobasil adalah bakteri bentuk batang yang berpasangan. Sedangkan streptobasil adalah bakteri dengan bentuk batang yang bergandengan memanjang seperti bentuk rantai. Contohnya, Acetobacter xylinum yang digunakan dalam pembuatan nata de coco.


3. Spiral (spirila).
Sedangkan kelompok bakteri dengan bentuk dasar spiral memiliki 3 macam modifikasi, yaitu spirilum, vibrio, dan spirochaeta. Spirilum yaitu bakteri yang berbentuk spiral sempurna. Contohnya adalah Triponema pallidum (penyebab penyakit sifilis). Vibrio merupakan modifi kasi dari bentuk spiral yaitu berbentuk koma. Contohnya adalah Vibrio cholerae (penyebabkan penyakit kholera). Sedangkan spirochaeta merupakan kelompok bakteri berbentuk spiral yang lentur, sehingga ketika bergerak tubuhnya dapat memanjang atau memendek.



Kalau pengelompokkan bakteri berdasarkan flagelnya, ada bakteri apa saja?

Macam-macam bakteri berdasarkan flagel

Salah satu cara bakteri bergerak adalah dengan bantuan flagela. Flagela adalah struktur tambahan alat pada beberapa bakteri berupa bulu cambuk yang berfungsi sebagai alat gerak. Berdasarkan letak dan jumlah flagel pada bakteri, maka bakteri dikelompokkan ke dalam 4 tipe, yaitu monotrik, lofotrik, amfitrik, dan peritrik.
  1. Bakteri monotrik; adalah bakteri dengan satu flagela pada salah satu ujung tubuhnya.
  2. Bakteri lofotrik; yaitu jumlah flagelanya lebih dari satu.
  3. Bakteri amfitrik; yaitu bakteri yang memiliki lebih dari satu flagela dan flagela-flagela tersebut terletak pada kedua ujung tubuhnya.
  4. Bakteri peritrik; adalah bakteri yang flagelnya memenuhi seluruh permukaan selnya.