PENDIDIKAN BIOLOGI STAR: Peran pendidikan Biologi dlm pergaulan remaja masa kini

April 10, 2016

Peran pendidikan Biologi dlm pergaulan remaja masa kini

Peran pendidikan Biologi dalam pergaulan remaja masa kini - Di era globalisasi teknologi seperti sekarang pergaulan remaja pun semakin tak terkendali terutama kalau kita lihat dari gaya pergaulannya yang bebas. Sebenarnya hal itu mungkin sebagai konsekuensi atas pengaruh teknologi internet masa kini. Remaja yang tadinya polos, lugu, gara-gara terbawa arus pergaulan maka mereka pun terjerumus ke dalam jalan yang "hitam". Sebenarnya kalau orang tua dan pendidikan bisa mengatasi hal tersebut, kenapa tidak kalau kita memanfaatkan media pendidikan di sekolah untuk mencegah kemungkinan buruk pergaulan bebas terjadi pada banyak remaja khususnya di Indonesia.

Kita tahu bahwa perkembangan teknologi internet memungkinkan segala bentuk informasi tak tersaring bagaikan deras air yang mengalir, termasuk tontonan yang tidak mendidik, akibatnya para remaja pun tergelincir pada hal negatif yang tidak diharapkan. Sebagai guru dan orang tua, harusnya tahu apa yang bisa mencegah hal negatif yang terjadi pada kalangan remaja dapat dicegah. Upaya pendidikan biologi dalam meminimalisir pergaulan "bebas" remaja masa kini harus bisa dicapai.

Dalam pendidikan biologi terdapat materi pembelajaran tentang reproduksi, yang mana dalam materi tersebut dibahas berbagai keterangan tentang kesehatan reproduksi. Misalnya dalam pembahasan tentang penyakit-penyakit yang menyerang alat kelamin manusia. Saya pikir itu adalah langkah yang cukup baik dalam menekan kemungkinan buruk akan terjadinya pergaulan bebas remaja.

Sebagai guru dan orang tua, mungkin kita dapat memberikan penjelasan yang cukup serius tentang kesehatan reproduksi. Misalnya, tindakan pergaulan bebas itu dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit AIDS (Acquired Imunodeficiecy Syndrome), sembari itu kita juga bisa memperlihatkan foto-foto mengerikannya orang yang sudah terkena penyakit AIDS, maka setelah itu kita bisa melakukan penguatan atas hal yang telah kita sampaikan. Dengan beigtu, anak akan lebih takut ketika akan melakukan sesuatu yang disebut sebagai pergaulan negatif.

Itulah mungkin peran pendidikan biologi bagi kita dalam mengantisipasi pengaruh negatif pergaulan remaja masa kini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan akan menjadi bahan introspeksi diri bagi kita semua selaku orang tua, agar keturunan kita menjadi keturunan yang baik jasmani dan baik rohaninya.